Mengenal Bermacam-Macam Hutan serta Pemanfaatannya

 Flora

7 Flares

7 Flares


×

hutan

Hutan merupakan sebuah ekosistem yang menyediakan beragam flora dan fauna yang terdapat di dalamnya. Yuk kita mengenal bermacam-macam hutan.

Macam-macam Hutan #1: hutan hujan tropis

Hutan hujan tropis adalah hutan yang terdapat di daerah yang memiliki curah hujan dengan frekuensi yang tinggi. Ciri-ciri hutan hujan tropis adalah pepohonannya yang rindang dan lantai hutan yang cenderung gelap akibat sinar matahari yang sukar menembus celah-celah daun yang rindang. Akibat uap airnya yang sulit naik ke atas, tanah serta udara yang terdapat di hutan ini sangat lembab. Pohon-pohonnya pun rata-rata sering dibelit oleh tumbuhan bersulur, misalnya rotan.

Macam-macam Hutan #2: hutan musim

Hutan musim adalah hutan yang karakteristiknya berbeda sesuai dengan musimnya. Pada musim kemarau, dedaunan yang terdapat di hutan musim akan meranggas dan gugur, sedangkan pada musim penghujan daun-daunnya akan kembali lebat. Hutan musim dapat pula disebut sebagai hutan homogen karena hanya terdiri dari satu jenis tumbuhan.

Macam-macam Hutan #3: hutan bakau

Jika kamu pergi ke pantai-pantai tertentu, maka kamu akan dapat menemukan hutan bakau yang memiliki ciri khas berupa pohon bakaunya yang berakar menjulang di atas permukaan air pada saat air laut surut, namun akan terendam saat air laut pasang. Akar pohon bakau ini memiliki manfaat yaitu dapat menahan abrasi (terkikisnya pantai oleh air) air laut.

Macam-macam Hutan #4: Hutan sabana (stepa)

Untuk daerah-daerah yang memiliki curah hujan yang rendah, umumnya hutan sabana ini mendominasi daerah tersebut. Hutan ini memiliki ciri memiliki pepohonan yang rendah serta memiliki padang rumput. Di Nusa Tenggara yang juga memiliki curah hujan rendah, hutan ini kerap dimanfaatkan sebagai peternakan sapi dan kuda.

Lalu, apa saja manfaat hutan bagi lingkungan ? berikut merupakan beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari berbagai hutan tersebut:

  1. Mencehag tanah longsor dan erosi. Erosi adalah pengikisan tanah oleh air. Akar pohon memiliki kemampuan dan daya ikat tanah yang cukup besar sehingga tanah longsor akan dapat dihindari.
  2. Sebagai penjaga keseimbangan air tanah. Air tanah didapatkan dari curah hujan yang turun di tempat tersebut.
  3. Mengatur persediaan air dan menyuburkan tanah karena dapat menahan air yang ada dalam tanah dan dedaunannya menghasilkan humus jika sudah berguguran.
  4. Sebagai bahan mentah, misalnya kayu, rotan, kapur barus, damar, dan lain sebagainya yang biasa digunakan untuk perumahan, industri wewangian dan cat.
  5. Mengurangi pencemaran udara karena tumbuhan mampu menyerap gas polutan.
zp8497586rq

Incoming search terms:

manfaat hutan sabana,macam macam hutan,macam-macam hutan,jenis jenis hutan di indonesia dan manfaatnya,jenis hutan di indonesia dan manfaatnya,jenis-jenis hutan di indonesia dan manfaatnya,hutan yang dapat menahan pengikisan tanah oleh air laut disebut,manfaat hutan musim tropis,macam macam hutan di indonesia,jenis-jenis hutan di indonesia dan pemanfaatannya