Mengenal Sabana

 Pengetahuan Alam
Mengenal Sabanaby Gita Adi Saputraon.Mengenal SabanaPengertian Sabana Seperti stepa, sabana juga termasuk padang rumput, hanya saja diselingi oleh pohon- pohon yang tumbuhnya menyebar. Pepohon yang biasa tumbuh di sabana meliputi pohon palem dan akasia. Sabana dapat dianggap sebagai salah satu sistem biotik paling besar di bumi. Sistem biotik ini biasanya menempati daerah luas di Benua Afrika, Amerika Selatan dan Australia. […]

15 Flares

15 Flares


×

Pengertian Sabana

Pengertian Sabana

Pengertian Sabana

Seperti stepa, sabana juga termasuk padang rumput, hanya saja diselingi oleh pohon-
pohon yang tumbuhnya menyebar. Pepohon yang biasa tumbuh di sabana meliputi pohon palem dan akasia. Sabana dapat dianggap sebagai salah satu sistem biotik paling besar di bumi. Sistem biotik ini biasanya menempati daerah luas di Benua Afrika, Amerika Selatan dan Australia. Sedangkan, umumnya Sabana terletak di daerah tropik hingga ke daerah subtropik.

Ciri-ciri Sabana

Sabana mempunyai ciri-ciri khusus antara lain adalah bersuhu panas sepanjang tahun. Hujan yang terjadi secara musiman menjadi faktor paling penting bagi terbentuknya sabana. Hal tersebut terjadi karena sabana akan berubah menjadi semak belukar apabila terbentuk mengarah ke daerah yang intensitas hujannya makin rendah. Sebaliknya, sabana akan berubah menjadi hutan basah apabila mengarah ke daerah yang intensitas hujannya makin tinggi.

Hewan-hewan yang hidup di daerah sabana dapat berupa herbivora maupun karnivora. Hewan yang termasuk ke dalam herbivora tersebut adalah kuda dan zebra. Sedangkan untuk hewan yang termasuk karnivora adalah macan tutul, singa dan anjing hutan.

Masyarakat yang tinggal di daerah sabana biasanya menumbuhkan dan mengembangkan kegiatan ekonomi, diantaranya:

#1: Pertanian Ladang

Pertanian Ladang adalah jenis usaha pertanian yang memanfaatkan lahan kering. Artinya, pertanian ladang tidak membutuhkan banyak air. Pertanian dengan sistem ladang cocok dengan iklim di daerah sabana yang tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah.

#2: Peternakan

Dengan menggunakan sumber daya alam biotik, sektor peternakan yang menggunakan hewan juga cocok digunakan sebagai mata pencaharian di daerah sabana. Masyarakat dapat memilih antara ternak besar atau ternak kecil. Ternak besar yang dapat dibudidayakan adalah sapi. Kemudahan yang didapat dengan beternak di daerah sabana adalah dapat dengan bebas membiarkan sapi-sapi itu merumput, hanya akan dikandangkan sewaktu-waktu saja. Selain sapi, hewan ternak besar yang dapat termasuk di dalamnya kerbau dan kuda. Sedangkan, yang dimaksud dengan ternak kecil adalah jenis hewan domba (biri-biri), kambing dan kelinci. Seluruh masyarakat yang tinggal di daerah sabana memelihara domba. Dari kambing, dapat diperoleh beberapa komoditas yang daat dijual, misalnya kulit, susu dan bulu yang dapat diolah di tangan orang kedua. Selain itu, ada pula ternak babi yang dikembangkan di daerah sabana.

Incoming search terms:

hutan sabana,pengertian sabana,ciri ciri sabana,Ciri ciri hutan sabana,sabana,manfaat sabana,pengertian hutan sabana,ciri-ciri sabana,ciri-ciri hutan sabana,ciri hutan sabana

Related Posts