Mengenal Hutan Musim

 Pengetahuan Alam
Mengenal Hutan Musimby Gita Adi Saputraon.Mengenal Hutan MusimPengertian Hutan Musim Hutan musim dapat disebut sebagai suatu bioma berupa hutan yang biasa ditemukan di wilayah tropika dan subtropika atau iklim monsoon (kemarau dan hujan) dengan macam tumbuhan sejenis. Wilayah-wilayah ini memiliki iklim hangat sepanjang tahun, tapi mengalami musim kering (kemarau) yang tak kalah panjangnya selama beberapa bulan. Meskipun begitu, curah hujan pun turun […]

21 Flares

21 Flares


×

Mengenal Hutan Musim

Image credit by : www.panamericanwoods.net

Pengertian Hutan Musim

Hutan musim dapat disebut sebagai suatu bioma berupa hutan yang biasa ditemukan di wilayah tropika dan subtropika atau iklim monsoon (kemarau dan hujan) dengan macam tumbuhan sejenis. Wilayah-wilayah ini memiliki iklim hangat sepanjang tahun, tapi mengalami musim kering (kemarau) yang tak kalah panjangnya selama beberapa bulan. Meskipun begitu, curah hujan pun turun di daerah ini hingga beberapa ratus millimeter tiap tahunnya, bahkan dapat lebih.

Di musim kering yang panjang banyak tumbuhan terpaksa menggugurkan daun-daunnya. Tentu saja, hal ini dapat mempengaruhi kehidupan makhluk di dalam hutan musim. Oleh karena itulah, hutan ini disebut musiman atau ada pula yang menyebut dengan hutan luruh daun. Dalam Bahasa Inggris, istilah ini biasa disebut dengan tropical seasonal forest (hutan tropis musiman), tropical and subtropical deciduous forest (hutan dengan daun berguguran di daerah tropis dan subtropis), tropical and subtropical dry broadleaf forest (hutan berdaun lebar di daerah tropis dan subtropis), atau ringkasnya tropical dry forest (hutan tropis kering).

Ciri Tumbuhan Hutan Musim

Ciri-ciri tumbuhan yang biasanya memenuhi hutan musim adalah pohon-pohon yang tahan dari kekeringan dan termasuk tumbuhan tropofit yang berarti mampu beradaptasi terhadap keadaan kering dan juga keadaan basah. Pada musim kemarau (kering), daun pohon-pohon di hutan musim akan meranggas, sebaliknya pada musim hujan, daunnya akan tumbuh dengan lebat.

Hutan musim biasanya diberi nama sesuai dengan tumbuhan yang dominan di hutan itu. Jika di Indonesia, Anda dapat membayangkannya seperti hutan jati, atau hutan angsana. Mayoritas hutan musim di Indonesia pada umumnya ditemukan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sedangkan di dunia, kebanyakan hutan musim terdapat di India dan Asia Tenggara. Fauna yang dapat dijumpai di hutan musim adalah rusa, babi hutan, dan harimau.

Peranan dan Manfaat Hutan Musim

Hutan musim juga mempunyai peranan yang sangat besar bagi bumi karena pohon-pohonnya yang kuat sebagai pencegah banjir, penyimpan dan pengatur air tanah, pencegah terjadinya tanah longsor, penghasil kayu-kayuan dan hasil hutan, pemupuk kesuburan tanah, dan juga sebagai faktor yang mempengaruhi iklim dan keindahan alam, terutama jika terletak di daerah pegunungan.

Incoming search terms:

hutan musim,pengertian hutan musim,ciri ciri hutan musim,ciri hutan musim,ciri-ciri hutan musim,hutan musim adalah,pengertian hutan tropis,manfaat hutan musim,hutan musim di indonesia,fungsi hutan musim

Related Posts