Mengenal Stepa

 Pengetahuan Alam
Mengenal Stepaby Gita Adi Saputraon.Mengenal StepaPengertian Stepa Stepa yang dalam Bahasa Inggris disebut steppe, merupakan sebuah padang rumput biasanya terbentang dari daerah tropika sampai ke daerah subtropika yang curah hujannya tidak cukup untuk perkembangan hutan. Stepa adalah dataran tanpa pohon (kecuali yang berada di dekat sungai atau danau) yang umumnya ditumbuhi rumput pendek. Bentuk dari stepa berupa semi-gurun, biasanya tertutup […]

12 Flares

12 Flares


×

Pengertian Bioma Stepa

Pengertian Bioma Stepa

Pengertian Stepa

Stepa yang dalam Bahasa Inggris disebut steppe, merupakan sebuah padang rumput biasanya terbentang dari daerah tropika sampai ke daerah subtropika yang curah hujannya tidak cukup untuk perkembangan hutan. Stepa adalah dataran tanpa pohon (kecuali yang berada di dekat sungai atau danau) yang umumnya ditumbuhi rumput pendek.

Bentuk dari stepa berupa semi-gurun, biasanya tertutup oleh rumput atau semak, atau mungkin keduanya, tergantung berdasarkan musim dan garis lintang. Istilah stepa juga digunakan untuk menunjukkan iklim pada suatu daerah yang terlalu kering untuk menunjang suatu hutan, hanya saja tidak cukup kering untuk menjadi gurun.

Stepa tidak dikelilingi oleh kumpulan-kumpulan pepohonan. Kalaupun ada mungkin hanya sedikit saja. Berbeda dengan sabana yang meskipun merupakan padang rumput tapi diselingi oleh kumpulan pepohonan besar.

Ciri-ciri Bioma Stepa

Ciri-ciri dari bioma Stepa antara lain adalah curah hujan yang tidak teratur, antara 250-500 mm/tahun. Tanah di stepa pada umumnya tidak mampu menyimpan air yang disebabkan oleh rendahnya tingkat porositas tanah dan sistem penyaluran yang kurang baik sehingga menyebabkan rumput-rumput tumbuh dengan subur, bahkan beberapa jenis rumput tingginya mencapai tiga setengah meter.

Stepa memiliki pepohon yang khas yaitu Akasia yang wilayah persebaran bioma stepa meliputi Afrika, Amerika Selatan, Amerika Serikat bagian barat, Argentina dan Australia.

Flora yang berhasil hidup di bioma stepa adalah pohon akasia dan semak belukar. Sedangkan untuk faunanya meliputi herbivora dan karnivora, yaitu rusa, antelop, harimau, kanguru, harimau, singa dan ular. Ketika melihat Discovery Channel atau tayangan fauna seringkali diperlihatkan bagaimana keadaan stepa yang sesugguhnya. Di beberapa negara, biasanya stepa dijadikan sebagai tempat konservasi bagi binatang-binatang yang terbilang langka.

Di Indonesia, daerah yang paling banyak memilki stepa adalah Nusa Tenggara Timur. Masyarakat disana biasa menggunakan wilayah stepa atau padang rumput ini untuk area peternakan. Mulai dari beternak kambing, sapi, kerbau, hingga kuda. Wilayah stepa dinilai sangat mudah untuk dirawat sekaligus menyediakan banyak sumber makanan bagi ternak-ternak mereka.

Incoming search terms:

pengertian stepa,pengertian padang rumput,stepa,bioma padang rumput,hutan stepa,stepa adalah,bioma stepa,Pengertian Hutan stepa,pengertian bioma padang rumput,ciri ciri padang rumput

Related Posts