Mengenal Bioma Taiga – Ciri-ciri dan Fauna Bioma Taiga

 Pengetahuan Alam
Mengenal Bioma Taiga – Ciri-ciri dan Fauna Bioma Taigaby Gita Adi Saputraon.Mengenal Bioma Taiga – Ciri-ciri dan Fauna Bioma TaigaBioma Taiga adalah suatu hutan yang didalamnya hanya terdapat satu spesies pohon yang sejenis seerti konifer atau pinus dan sejenisnya. Keberadaan taiga dapat dilihat terutama di kawasan belahan bumi bagian utara seperti Rusia, Siberia Utara, dan Kanada Tengah dan Utara. Pertumbuhan taiga pada musim panas berlangsung selama 3 sampai 6 bulan. Ciri-ciri Bioma Taiga Ciri […]

52 Flares

52 Flares


×

Bioma Taiga adalah suatu hutan yang didalamnya hanya terdapat satu spesies pohon yang sejenis seerti konifer atau pinus dan sejenisnya. Keberadaan taiga dapat dilihat terutama di kawasan belahan bumi bagian utara seperti Rusia, Siberia Utara, dan Kanada Tengah dan Utara. Pertumbuhan taiga pada musim panas berlangsung selama 3 sampai 6 bulan.

Mengenal Bioma Taiga - Ciri-ciri dan Fauna Bioma Taiga

Bioma Taiga
Image Credit : L.B. Brubaker

Ciri-ciri Bioma Taiga

Ciri – ciri dari Bioma Taiga ini diantaranya suhu yang mencapai 0°F di musim dingin dan mencapai 90°F atau lebih pada musim panas. Musim dingin berlangsung sangat panjang dan daerah ini sangat basah karena penguapannya rendah. Taiga juga terdapat di daerah yang beriklim sedang dengan curah hujan mencapai 35 – 40 cm setiap tahun. Bila musim dingin datang, tanah yang ada akan berubah menjadi es dan mencapai 2m dibawah permukaan tanah. Taiga sendiri memiliki tanah yang asam.

Tumbuhan yang ada di Taiga ini selalu berwarna hijau sepanjang tahun meskipun pada waktu itu adalah musim dingin dengan suhu yang sangat rendah. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa hanya beberapa tumbuhan saja yang dapat hidup di taiga ini misalnya konifer dan pinus. Dikarenakan banyaknya tumbuhan konifer yang tumbuh di taiga ini membuat taiga disebut sebagai hutan konifer. Pohon yang ada di hutan konifer ini berbentuk seperti jarum dan juga mempunyai zat lilin yang membuatnya tahan terhadap kekeringan. Tumbuhan konifer itu seperti alder, birch, juniper dan spruce.

Hewan / Fauna yang Hidup di Bioma Taiga

Keadaan yang ada membuat hanya sedikit hewan yang dapat bertahan hidup di daerah taiga ini. Beberapa diantaranya seperti beruang, serigala ajax, beruang hitam, dan burung-burung yang akan bermigrasi bila musim dingin tiba. Selain itu terdapat juga hewan seperti tupai dan mamalia kecil. Hewan – hewan tersebut mampu berhibernasi saat musim dingin datang. Hewan – hewan yang hidup di daerah Taiga biasanya terletak di daerah selatan tundra yaitu di daerah yang beriklim sedang dengan kutub. Sehingga daerah ini disebut dengan hutan boreal atau hutan berawa.

Incoming search terms:

bioma taiga,ciri ciri bioma taiga,ciri-ciri bioma taiga,taiga,ciri ciri taiga,ekosistem taiga,ciri bioma taiga,ciri-ciri taiga,karakteristik bioma taiga,taiga adalah

Related Posts