Mengenal Padang Gurun Pasir

 Pengetahuan Alam
Mengenal Padang Gurun Pasirby Gita Adi Saputraon.Mengenal Padang Gurun PasirMengenal Padang Gurun Pasir Padang gurun atau lebih dikenal dengan padang pasir. Padang gurun sendiri terletak di daerah tropika seperti yang ada di kawasan Amerika Utara, Afrika Utara, Asia bagian Barat dan benua Australia. Padang gurun adalah suatu daerah yang hanya menerima curah hujan yang sedikit. Curah hujan di daerah padang gurun hanya berkisar 250mm per […]

11 Flares

11 Flares


×

Mengenal Padang Gurun Pasir

Mengenal Padang Gurun Pasir

Mengenal Padang Gurun Pasir

Padang gurun atau lebih dikenal dengan padang pasir. Padang gurun sendiri terletak di daerah tropika seperti yang ada di kawasan Amerika Utara, Afrika Utara, Asia bagian Barat dan benua Australia. Padang gurun adalah suatu daerah yang hanya menerima curah hujan yang sedikit. Curah hujan di daerah padang gurun hanya berkisar 250mm per tahun. Kondisi disekitar padang gurun ini sangat gersang. Sinar matahari sangat terik dan disertai dengan penguapan yang tinggi. Hal ini mengakibatkan hanya tumbuhan duri saja yang dapat hidup dan beradaptasi didaerah ini.

Banyak orang menganggap bahwa gurun memiliki kemampuan yang kecil bila dibandingkan dengan wilayah yang basah untuk kehidupan manusia. Hal ini mungkin saja benar karena bila dilihat dari kondisi alam yang ada dengan keadaan yang kering dan gersang. Hanya beberapa jenis tumbuhan tertentu saja yang dapat bertahan hidup dan beradaptasi di padang gurun.

Tumbuhan yang hidup di Padang Gurun Pasir

Tumbuh – tumbuhan tersebut yang dapat tumbuh didaerah padang gurun diantarannya kaktus dan kutikula. Kaktus dapat hidup didaerah kering dikarenakan dapat menyimpan banyak air didalam batangnya dan daunnya yang menyempit menjadi duri. Lalu, kutikula ialah tumbuhan yang tebal dan mempunyai akar yang panjang. Sedangkan hewan yang mampu tumbuh diarea padang gurun seperti unta yang dapat menyimpan air dalam tubuhnya. Tikus, ular, dan kalajengking juga dapat hidup didaerah ini tetapi hanya aktif pada pagi hari, dan bila pada siang hari mereka akan berlindung dari panas terik matahari di lubang-lubang yang telah mereka buat.

Ciri-ciri Padang Gurun Pasir

Gurun dapat dikenali dari ciri – ciri yang ada. Ciri – ciri tersebut diantaranya kelembapan udara yang sangat rendah dan adanya perbedaan suhu yang sangat besar antara siang dan malam hari. Pada siang hari, suhu dapat mencapai 45°C dan bila malam hari dapat mencapai 0°C. Disisi lain bila dilihat dari kondisi tanah yang sangat tandus yang tidak dapat menyimpan air. Tetapi, kecepatan penguapan air di daerah padang gurun ini lebih cepat bila dibandingkan dengan presipitasi.

Incoming search terms:

gurun pasir,ciri ciri gurun,tumbuhan yang hidup di gurun,tumbuhan gurun,ciri-ciri gurun pasir,Ciri ciri gurun pasir,ciri-ciri gurun,padang gurun,padang pasir,tumbuhan yang hidup di padang pasir