Mengenal Bioma Hutan Gugur

 Pengetahuan Alam
Mengenal Bioma Hutan Gugurby Gita Adi Saputraon.Mengenal Bioma Hutan GugurPengertian Bioma Hutan Gugur Hutan gugur adalah salah satu jenis hutan yang ada di belahan bumi. Seperti yang sudah disebutkan bahwa terdapat berbagai jenis hutan yang ada. Hutan gugur sendiri terletak di daerah yang mengalami empat musim yakni panas, dingin, semi dan gugur. Tetapi, hutan gugur ini juga tersebar di daerah yang memiliki iklim sedang […]

13 Flares

13 Flares


×

Pengertian Bioma Hutan Gugur

Hutan gugur adalah salah satu jenis hutan yang ada di belahan bumi. Seperti yang sudah disebutkan bahwa terdapat berbagai jenis hutan yang ada. Hutan gugur sendiri terletak di daerah yang mengalami empat musim yakni panas, dingin, semi dan gugur. Tetapi, hutan gugur ini juga tersebar di daerah yang memiliki iklim sedang seperti di Amerika bagian Timur, Asia Timur, dan Eropa bagian Tengah.

Pengertian Bioma Hutan Gugur

Pengertian Bioma Hutan Gugur

Hutan gugur sendiri memiliki suhu yang sangat rendah terhadap musim dingin dan sangat panas terhadap musim panas yang dapat mencapai -30° hingga 30° C. Ciri lain yang dapat ditemukan pada hutan gugur ialah curah hujan yang tinggi dan merata. Selain itu terdapat pohon yang dapat mengugurkan daunnya pada saat musim panas terutama hutan gugur yang berada di daerah tropis dan pada musim dingin terutama hutan gugur dengan iklim sedang.

Ciri-ciri Hutan Gugur

Hutan gugur memiliki jenis pohon yang sedikit dan tidak terlalu rapat. Hal ini terjadi karena unsur cahaya matahari yang sangat dibutuhkan oleh tumbuhan hanya terjadi pada musim panas dan semi. Suhu hutan rata – rata mencapai kurang lebih 50°F. Di hutan ini dihuni oleh beberapa jenis hewan yakni tikus, bajing, beruang dan burung. Terdapat hewan yang dapat melakukan hibernasi seperti beruang.

Hibernasi

Hibernasi ialah tidur yang panjang dengan mengkonsumsi banyak makanan pada saat musim dingin dan bangun pada saat musim panas. Oleh karena itu, hewan-hewan tersebut sudah kebal terhadap kondisi yang ada seperti perbedaan cuaca yang ekstrim. Ditambah lagi beberapa hewan yang merasa tidak terlalu kedinginan pada saat musim dingin dan tidak terlalu kepanasan pada saat musim panas. Hal ini terjadi lantaran hewan-hewan itu tinggal di hutan yang sejuk saat musim panas dan hangat saat musim dingin.

Hutan gugur memiliki curah hujan yang merata yang berkisar antara 750-1000mm per tahun. Pohon – pohon yang ada memiliki daun yang lebar, hijau pada musim dingin, bertajuk rapat dan rontok pada musim panas. Di hutan gugur ini dihuni oleh tumbuhan utama seperti pohon oak, terna berbunga dan basswood.

Incoming search terms:

bioma hutan gugur,Hutan gugur,pengertian hutan gugur,pengertian bioma taiga,hutan taiga,pengertian bioma hutan gugur,ciri ciri hutan gugur,hutan musim tropis,bioma hutan musim,ciri ciri bioma hutan gugur

Related Posts