Merak Hijau

 Fauna
Merak Hijauby Gita Adi Saputraon.Merak HijauMerak Hijau – Populasi, Habitat & Makanan Merak Hijau Burung Merak Hijau atau yang sering di sebut Burung Merak Jawa, memiliki nama latin pavo muticus dalam lampiran PP No. 7 Tahun 1999 cuma ditulis burung merak yaitu merupakan burung dari tiga spesies merak. Layaknya burung-burung yang lain yang ditemukan di suku phasianidae, merak hijau memiliki […]

5 Flares

5 Flares


×

Merak Hijau – Populasi, Habitat & Makanan Merak Hijau

Burung Merak Hijau

Burung Merak Hijau

Burung Merak Hijau atau yang sering di sebut Burung Merak Jawa, memiliki nama latin pavo muticus dalam lampiran PP No. 7 Tahun 1999 cuma ditulis burung merak yaitu merupakan burung dari tiga spesies merak. Layaknya burung-burung yang lain yang ditemukan di suku phasianidae, merak hijau memiliki bulu yang sangat indah. Bulu-bulunya berwarna hijau keemasan. Burung jantan dewasa berukuran amat besar, panjangnya bisa meraih 300cm, dengan penutup ekor yang amat panjang. Diatas kepalanya ada jambul tegak. Burung betina memiliki ukuran yang lebih kecil dari burung jantan. Burung jantan memiliki bulu yang kurang mengilap, berwarna hijau keabu-abuan serta tanpa dihiasi bulu penutup ekor.

Baca juga :

Populasi Burung Merak Hijau

Populasi merak hijau tersebar di hutan terbuka yang terdapat padang rumput antara lain di republik rakyat cina, indocina serta jawa, indonesia. Pada mulanya burung merak hijau juga ditemukan di india, bangladesh serta malaysia, akan tetapi saat ini sudah punah di sana. Meskipun berukuran amat besar, merak hijau yaitu burung yang pintar terbang. Pada musim berbiak, burung jantan memamerkan bulu ekornya di depan burung betina. Bulu-bulu penutup ekor burung jantan di buka membentuk kipas dengan bintik berupa mata. Burung betina menetaskan tiga sampai enam telur.

Habitat & Makanan Merak Hijau

Merak Hijau

Merak Hijau

Di Indonesia, merak hijau cuma ada di pulau jawa. Habitatnya dimulai dari dataran rendah sampai tempat-tempat yang tinggi. Di antaranya yang tetap dapat didapati ada di taman nasional alas purwo, jawa timur. Disamping itu diperkirakan juga tetap ada di taman nasional ujung kulon, serta taman nasional meru betiri.

Populasi merak hijau terus menyusut. Ini disebabkan oleh rusaknya habitat serta perburuan liar. Burung langka yang indah ini diburu untuk di ambil bulunya maupun diperdagangkan sebagai bintang peliharaan. Untuk hindari kepunahan burung langka ini dilindungi undang-undang. Di pulau jawa saat ini jumlah merak hijau ( pavu muticus ) diperkirakan tidak kian lebih 800 ekor.

Merak hijau termasuk jenis hewan omnivora, makanannya terdiri dari beraneka ragam biji-bijian, pucuk rumput (rumput muda) dan serangga serta hewan-hewan yang berad di sekelilingnya seperti laba-laba, cacing, dan kadal kecil.

Klasifikasi ilmiah Merak Hijau :

Kerajaan: Animalia.
Filum: Chordata.
Kelas: Aves.
Ordo: Galliformes.
Famili: Phasianidae.
Genus: Pavo
Spesies: Pavo muticus.
Nama binomial: Pavo muticus (Linnaeus, 1766)

Merak Hijau  Hampir Punah

Merak Hijau merupakan satwa liar yang dilindungi undang-undang, seperti yang telah di jelaskan di dalam Lampiran PP No.7 Tahun 1999. Selain itu International Council for Bird Preservation juga telah menetapkan bahwasanya Merak Hijau sebagai hewan yang hampir punah. Sementara itu CITES juga telah mendaftarkan spesies ini dalam Appendix II.

Incoming search terms:

merak hijau,habitat burung merak,asal burung merak,makanan burung merak,merak jawa,habitat merak,makanan merak,klasifikasi burung merak,deskripsi burung langka,ciri ciri burung merak

Related Posts