Filum Porifera – Ciri-ciri, Contoh dan Proses Reproduksi Porifera

 Pengetahuan Alam
Filum Porifera – Ciri-ciri, Contoh dan Proses Reproduksi Poriferaby Gita Adi Saputraon.Filum Porifera – Ciri-ciri, Contoh dan Proses Reproduksi PoriferaPorifera berasal dari nama latin, porus dan fer. Porus memiliki arti pori, dan fer memiliki arti membawa. Selain itu juga sering di sebut dengan spons atau hewan berpori yang mana merupakan salah satu filum hewan multiseluler yang bentuknya paling sederhana dibanding dengan filum hewan lainya. Porifera hidup dengan cara heterotrof. Makanannya yaitu bakteri dan plankton. […]

2 Flares

2 Flares


×

Porifera berasal dari nama latin, porus dan fer. Porus memiliki arti pori, dan fer memiliki arti membawa. Selain itu juga sering di sebut dengan spons atau hewan berpori yang mana merupakan salah satu filum hewan multiseluler yang bentuknya paling sederhana dibanding dengan filum hewan lainya.

Spons

Filum Porifera – Ciri-ciri, Contoh dan Proses Reproduksi Porifera
Image Credi : Wikipedia.Org

Porifera hidup dengan cara heterotrof. Makanannya yaitu bakteri dan plankton. Makanan yang masuk ke tubuhnya dlm wujud cairan hingga porifera dimaksud juga sbg pemakan cairan. Habitat porifera biasanya di laut.

Ciri-ciri Porifera

Spons yaitu hewan dari filum Porifera ( / pɒ ;rɪ ;fə ;rə ; / ; yang artinya pembawa pori ). Tubuh mereka terdiri dari jelly- layaknya mesohyl terjepit diantara dua susunan tidak tebal sel. Sementara seluruh hewan mempunyai sel terspesialisasi yang bisa beralih jadi beberapa sel spesial, spons yang unik saat memiliki sebagian beberapa sel spesial yang bisa beralih jadi type lain, kerap bermigrasi pada susunan sel utama dan mesohyl dlm sistem. Spons tak mempunyai saraf, pencernaan atau sistem peredaran darah. Sebaliknya, beberapa besar memercayakan menjaga aliran air konstan melewati mereka badan utk memperoleh makanan dan oksigen dan utk menyingkirkan limbah, dan wujud tubuh mereka yang diadaptasi utk memaksimalkan efisiensi dari aliran air. Semua sessile air hewan dan, walau ada spesies air tawar, yang beberapa besar yaitu laut ( air garam ) spesies, dimulai dari zona gunakan surut hingga kedalaman kian lebih 8. 800 mtr. ( 5, 5 mi ). Sementara beberapa besar lebih kurang 5, 000-10, 000 dikenal spesies mengonsumsi bakteri dan partikel makanan yang lain di air, sebagian host photosynthesizing mikro-organisme sbg endosymbionts dan aliansi ini kerap membuahkan semakin banyak makanan dan oksigen dari yang mereka mengonsumsi. Beberapa type spons yang hidup di lingkungan makanan miskin sudah jadi karnivora yang memangsa terlebih pada krustasea kecil. Sebagian besar spesies memakai reproduksi seksual, melepas sperma sel ke dlm air utk membuahi ovum bahwasanya di sebagian spesies dilepaskan dan orang lain yang ditahan oleh Ibu. Telur yang dibuahi membentuk larva yang berenang di terlepas melacak area utk menetap.

Sebagai salah satu Fileum hewan, porifera juga memilik ciri-ciri tersendiri. Ciri tersebut di gunakan untuk membedakanya dari filum hewan lainya agar bisa mempelajarinya dengan benar.

Ciri-ciri Morfologi Porifera

  • Tubuhnya memiliki pori ( ostium )
  • Multiseluler
  • Tubuh porifera asimetri ( tak teratur ), walau ada yg simetri radial.
  • Berbentuk layaknya tabung, vas bunga, mangkok, atau tumbuhan
  • Warnanya bervariasi
  • Tak beralih area ( sesil )

Ciri-ciri Anatomi Porifera

  • Mempunyai tiga jenis saluran air, yakni askonoid, sikonoid, serta leukonoid
  • Pencernaan dengan cara intraseluler didalam koanosit serta amoebosit

Jenis-jenis dan Contoh Porifera

Jenis-Jenis Porifera. Sudah kita kenali bahwasanya spikula tersusun dari zat kapur dan juga dari silikat. Dengan basic zat penyusun jenis-jenis dari Porifera ini bisa digolongkan. Berikut ini merupakan 3 kelas atau Jenis dan Contoh dari Porifera.

a ) Kelas Calcarea, golongan Porifera yang pertama ini memiliki spikula yang terbuat dari zat kapur. Biasanya hidup di air laut yang tidak dalam atau dangkal. Contohnya, Scypha gelatinosa, Grantia dan juga Leucosolenia.

b ) Kelas Hexactinellida, golongan yang kedua ini memiliki spikula yang terbuat dari zat kersik atau silikat. Hidupnya di laut yang dlm, contohnya Pheronema sp., Euplectella dan juga Regadrella sp.

c ) Kelas Demospongiae, kelas yang ketiga ini memiliki spikula yang terbuat dari zat kersik dan juga protein ( spongin ) atau cuma spongin saja. Tubuhnya lunak dan tak memiliki skeleton. Habitatnya berada di laut yang dangkal, memiliki jumlah bagian yang sangat banyak, contohnya Euspongia officinalis ( spons mandi ), Spongilla, Haliclona, Microciona dan juga Corticium.

Klasifikasi ilmiah Porifera

Kerajaan: Animalia
Filum: Porifera
Grant in Todd, 1836
Kelas
  • †Archaeocyathida
  • Calcarea (Calcarea)
  • Hexactinellida (Hexactinellida)
  • Demospongiae (Demospongiae)
  • Sclerospongiae (Sclerospongiae)

Proses Reproduksi Porifera

Porifera melakukan proses reproduksi dengan cara Aseksual ataupun Seksual. Reproduksi dengan cara aseksual berlangsung dengan pembentukan tunas dan juga gemmule. Gemmule bisa disebut juga tunas internal. Gemmule dihasilkan pada saat menjelang musim dingin didalam tubuh Porifera yang hidup di air tawar. Dengan cara seksual dengan langkah peleburan sel sperma dengan sel ovum, pembuahan ini berlangsung di luar tubuh porifera.

Incoming search terms:

filum porifera,Contoh Hewan porifera,contoh porifera,kelas porifera,pengertian porifera,contoh filum porifera,Ciri ciri filum porifera,Hewan porifera,Ciri-ciri filum porifera,CIRI CIRI PORIFERA

Related Posts