Mengenal Burung Kacer

 Fauna
Mengenal Burung Kacerby Gita Adi Saputraon.Mengenal Burung KacerBurung Kacer merupakan jenis burung yang memiliki sifat temperamen tinggi kepada burung apa saja yang memasukin daerah atau wilayah kekuasanya. Karenya burung ini banyak pecinta burung yang memeliharanya untuk diikutkan dalam perlombaan dengan dasar sifat bertarungnya atau hanya sekedar untuk sebagai dengarkan sebagai hiburan di rumah. Jenis-jenis Burung Kacer Burung kacer jawa memiliki nama ilmiah […]

3 Flares

3 Flares


×

Burung Kacer merupakan jenis burung yang memiliki sifat temperamen tinggi kepada burung apa saja yang memasukin daerah atau wilayah kekuasanya. Karenya burung ini banyak pecinta burung yang memeliharanya untuk diikutkan dalam perlombaan dengan dasar sifat bertarungnya atau hanya sekedar untuk sebagai dengarkan sebagai hiburan di rumah.
Burung Kacer Jantan

Burung Kacer Jantan
Foto : Wikipedia.Org

Jenis-jenis Burung Kacer

Burung kacer jawa memiliki nama ilmiah Copsychus sechellarum sedangkan nama ilmiah dari kacer poci yaitu Copsychus saularis.

Ada dua perbedaan yang mencolok dari keduanya, yaitu hanya pada warna bulunya yaitu hitam dan putih. Copsychus sechellarum atau kacer jawa berbulu hitam seluruh dibagian dada hingga dekat kloaka, sesaat Copsychus saularis ataui kacer poci warna hitam cuma hingga dada serta ke bawah sampai kloaka berwarna putih. Sesaat itu burung yang amat serupa dengan kacer poci atau kacer sumatra yaitu kacer madagaskar ( Copsychus albospecularis ).

Layaknya dijelaskan diatas, kacer terdiri dari 3 species, yang pertama Copsychus saularis, kedua Copsychus sechellarum serta yang ketiga Copsychus albospecularis. Spesial untuk Copsychus saularis ( Oriental Magpie Robin ) ini terdiri dari 9 subspecies, yakni :

Kacer Poci, (Sekoci atau Kacer Sumatra)

  1. Saularis, Habitat Aslinya Berada Di Thailand, India, Nepal, Malaysia Dan Indonesia.
  2. Andamanensis, Habitat Aslinya Berada Di Kep. Andaman.
  3. Musicus, Habitat Aslinya Berada Di Peninsular, Malaysia, Thailand.
  4. Prosthopellus, Habitat Aslinya Berada Di Hainan-China.
  5. Erimelas Habitat Aslinya Berada Di India Ke Indochina.
  6. Pluto Habitat Aslinya Berada Di Sabah-Malaysia Dan Borneo-Indonesia.
  7. Ceylonensis Habitat Aslinya Berada Di India Dan Srilanka.
  8. Adamsi Habitat Aslinya Berada Di Sabah-Malaysia Dan Borneo-Indonesia.
  9. Mindanensis Habitat Aslinya Berada Di Mindanao-Philippines

Kacer sumatera atau kacer poci memiliki warna hitam pada kepala, leher hanya sebatas dada, punggung serta sisi luar ekor. Namun terdapat warna putih pada bagian dada, perut serta ekor sisi dlm. Persebaran kacer sumatera mulai dari China, kemudian India, Nepal, Thailand, Indochina, Filipina, dan Malaysia serta Indonesia.

Kacer Hitam atau kerap disebut dengan Kacer Jawa

Mempunyai nada yang keras, nyaring serta pandai menirukan suara-suara di sekitarnya. Tampilan amatlah atraktif sembari buka ekor dan mengeluarkan suara kicauan yang amatlah merdu. Burung ini sangat suka dengan hawa panas.

Kacer hitam ( Copsychus sechellarum ) atau juga dikenal dengan Seychelles Magpie Robin penyebarannya dimulai dari Seychelles ( Afrika ), Jawa serta Kalimantan ( Indonesia ). Semua tubuh berwarna hitam, terkecuali pada sayap ada warna putih. Kemampuan untuk berkicau amat baik serta pandai menirukan suara-suara di sekitarnya. Penampilanya amat atraktif sembari memainkan ekor. Volume suaranya sedang. Type ini juga amat senang dengan hawa panas.

Kacer madagaskar

Sesaat itu kacer madagaskar atau Madagascar Magpie Robin ( Copsychus albospecularis ) terdiri dari dari 3 subspecies, yaitu pica, albospecularis dan juga inexpectatus. Semua subspecies Copsychus albospecularis ini menyebar di lokasi Madagascar Afrika.

Bagian pada leher sebelah atas, punggung serta ekor berwarna hitam kebiru-biruan. Kekuatan berkicaunya tak kalah dari ke-2 sepupunya C. saularis serta C. sechellarum.

Tak hanya dari ketiga species diatas, ada satu type kacer lagi yang beredar di kelompok umur pedagang serta yang memiliki burung kacer, yakni Kacer Blorok. Type ini menurut asumsi umumnya orang ataupun peneliti yaitu merupakan hasil perkawinan silang yang berlangsung di alam, pada Kacer Hitam Putih ( C. saularis ) dengan Kacer Hitam ( C. sechellarum ).

Status konservasi
Status iucn3.1 LC.svg
Risiko Rendah (IUCN 3.1)
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Passeriformes
Famili: Muscicapidae
Genus: Copsychus
Spesies: C. saularis

Cara Merawat Burung Kacer

Tempat atau Sangkar Burung Kacer

Burung kacer dapat dipelihara dengan sangkar kotak yang berukuran 40 x 40 x 60 cm atau juga dapat juga bulat dengan diameter 40 cm. Sementara itu tempat tenggeran atau pangkringan dapat di buat dua bersilang dengan diameter tiap-tiap 1, 5 cm dari bahan cabang kayu asam. Pilihlah kayu asam dengan permukaan kulit yang agak kasar namun tak tajam hingga dapat untuk mengasah paruh supaya tak runcing. Untuk perawatan harian, kacer tak perlu dikerodong serta cuma dikeorodng pada malam hari supaya tak kedinginan.

Pakan Burung Kacer

Hal utama yang butuh di perhatikan dlm hal pakan yaitu menu yang variatif hingga kecukupan nutrisi, vitamin serta mineralnya. Pakan yang bagus, tak hanya lengkap nutrisinya layaknya protein, karbohidrat, juga lengkap vitaminnya layaknya vitamin A, D3, E, B1, B2, B3 ( Nicotimanide ) B6, B12, C serta K3. Disamping itu, butuh juga memiliki kandungan zat esensial layaknya D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid ( sebenarnya yaitu di antara wujud dari Vitamin B ) serta Ca-D

Di samping vitamin, butuh juga kecukupan mineral. Mineral diperlukan dlm pembentukan darah serta tulang, keseimbangan cairan tubuh, manfaat syaraf yang sehat, manfaat sistem pembuluh darah jantung dan sebagainya. Layaknya vitamin, mineral berperan sbg ko-enzim, sangat mungkin tubuh lakukan manfaatnya layaknya menghasilkan tenaga, perkembangan serta pengobatan.

Yang terhitung mineral yang dibutuhkan burung kacer yaitu Calcium, Phosphor, Iron, Manganase, Iodium, Cuprum, Zinccum, kemudian Magnesium, dan Sodium Chlorin serta Kalium.

Makanan serta extra fooding yang cocok untuk burung kacer

  • Voer ( baiknya tentukan yang berkadar protein tengah yakni : 12%-18%, belum pasti voer yang bernilai mahal dapat pas dengan sistem metabolisme tiap-tiap burung kacer. Voer mesti senantiasa ada di dalam wadahnya. Senantiasa ganti dengan voer yang kondisinya masih baru tiap-tiap dua hari sekali.
  • EF ( Extra Fooding ), pakan tambahan yang amat baik bikin burung kacer yakni : jangkrik, orong-orong, kroto, cacing, ulat hongkong, ulat bambu, ulat kandang, dan kelabang, belalang serta yang lain. Pemberian EF mesti senantiasa sesuai dengan ciri-ciri pada tiap-tiap burung serta juga mesti tahu dengan tentu efek klausal dari pemberiannya EF tersebut.

Penangkaran Burung Kacer

Pembuatan kandang penangkaran

Sarang Burung Kacer

Sarang Burung Kacer

Kandang untuk penangkaran burung kacer baiknya beralaskan tanah atau pasir dengan dengan ukuran yang cocok dengan hasrat kita cuma saja sbg pembandingnya yaitu : lebar 1M, panjang 1M serta tinggi 2 M dengan sisi atap yang beberapa tertutup.
untuk sisi dlm kita mungkin berikan pohon yang berdaun rindang untuk area sarangnya ( umumnya yg dipakai yaitu pohon beringin ) atau dapat juga memakai sebagian tangkringan serta kotak untuk sarang. atau bila anda mempunyai tempat yang luas mungkin memakai kandang ukuran 2x2x4 dengan pohon yang rindang didalamnya untuk area menyimpan sarangnya. perlengkapan yang lain yaitu area makan serta minum dan sbh wadah diisi air untuk mandinya yang di taruh didasar kandang.

Penentuan indukan.

Sesudah kandang kita bikin waktunya kita melacak burung betina untuk pejantan kita. penentuan burung betina ini tak ada patokan spesial hanya mesti mencukupi syarat syarat : sehat, tak cacat serta jinak ( tak giras ) usia dapat melacak yang lebih kurang 1 tahunan.

Penjodohan serta penetasan.

sesudah kita peroleh burung betina yang sehat serta tak cacat waktunya kita menjodohkan ke-2 burung tersebut, untuk kali pertama baiknya memakai tekhnik penjodohan ala kenari yakni mendekatkan ke-2 sangkarnya sepanjang sekian hari untuk perjumpaan serta sesudah itu burung baru dapat kita input kedalam kandang penangkaran. untuk menambah birahi burung dapat dengan jalur berikan penjemuran yang cukup atau bila sinar yang masuk di rasa kurang dapat memakai lampu TL Ultra violet sudah pasti dengan menambah konsumsi Vitamin C serta D untuk burung atau dapat juga memasukan terasi yang dipilin lalu dimasukan ke sisi tubuh jangkrik untuk dikonsumsi burung.
sepanjang sistem penjodohan sampai ada perkawinan, tiap-tiap hari burung mesti senantiasa diberikan EF ( Extra Fooding ) layaknya jangkrik maupun cacing tanah sejumlah 2-3 ekor pagi serta sore tiap-tiap harinya per burung.

Tanda-tanda burung betina dapat bertelur umumnya burung betina bakal seringkali turun ke bawah untuk memakan apa saja yang mana ada di dasar kandangnya. Sepanjang proses bertelur sampai menetas baiknya burung janganlah kerap terganggu baik oleh kita maupun binatang yang lain sampai telur benar benar menetas.

Sesudah telur menetas maka pakan untuk indukan mesti ditambah layaknya cacing maupun kroto. sebagian penangkar lebih suka meloloh piyikannya dengan cara manual di banding diloloh oleh indukan dengan argumen efisiensi cost dari menambahkan pakan berbentuk kroto serta Ef yang lain.

Meloloh piyikan kacer

Piyik dapat di beri makan berbentuk potongan perut dari jangkrik serta kroto sejumlah 2-3 butir saja serta porsinya ditingkatkan tiap-tiap harinya 1-2 butir kroto. sesudah berusia 5 hari atau hari kelima burung mulai diberikan kroto / jangkrik yang dicelup terlebih dulu dlm adonan voer yang digabung air. sesudah usia 6 hari dapat dikerjakan pemasangan ring, sesudah usia 8-9 hari umumnya bulu bulu burung mulai mekar serta dapat jadi tambah pada usia 15-16 hari, pada usia tersebut burung mesti kerap diloloh di karenakan pada umur tersebut burung mulai kerap aktif bergerak, sesudah usia 25 hari lolohan mesti jadi kerap dikerjakan serta burung mulai dapat terbang rendah dengan jarak yang dekat. setelah itu dapat dilatih makan voer sendiri.

Dengan pemberian pakan serta juga ef yang cukup sepanjang penjodohan sampai penetasan serta pelolohan sistem penangkaran lalu dapat lebih merasa gampang. serta umumnya kurun waktu sebagian minggu atau lebih burung kacer dapat kembali bertelur sesudah anakannya mulai dapat menginggalkan sarangnya.

Incoming search terms:

jenis burung kacer,burung kacer,jenis kacer,penangkaran kacer,habitat burung kacer,Kacer,jenis jenis burung kacer,jenis Jenis kacer,jenis2 burung kacer,habitat kacer

Related Posts