Bunga Anggrek Bulan

 Flora
Bunga Anggrek Bulanby Gita Adi Saputraon.Bunga Anggrek BulanBunga Anggrek Bulan sering dikenal dengan pupspa pesona yang mana merupakan salah satu dari bunga nasional indonesia. Bunga ini untuk pertama kalinya di temukan oleh seorang ahli botani asal Belanda, yaitu Dr. C.L. Blume. Anggrek Bulan ini tersebar luas di wilayah asia khususnya di Malaysia, Indonesia, Filipina dan Papua sampai ke Australia. Anggrek jenis ini […]

3 Flares

3 Flares


×

Bunga Anggrek Bulan sering dikenal dengan pupspa pesona yang mana merupakan salah satu dari bunga nasional indonesia. Bunga ini untuk pertama kalinya di temukan oleh seorang ahli botani asal Belanda, yaitu Dr. C.L. Blume.

Anggrek Bulan ini tersebar luas di wilayah asia khususnya di Malaysia, Indonesia, Filipina dan Papua sampai ke Australia. Anggrek jenis ini hidup secara epitif dengan menempel di batang ataupun cabang tumbuhan lain yang terdapat di hutan-hutan yang tumbuh subur di kawasan 600 meter di atas permukaan laut.

Bunga Anggrek Bulan

Bunga Anggrek Bulan
Foto : Wikipedia.Org

Di Indonesia, anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) pertama kali ditemukan di Maluku. Bunga Anggrek Bulan memiliki beberapa nama daerah seperti anggrek wulan (Jawa dan Bali), anggrek terbang (Maluku), dan anggrek menur (Jawa). Pemerintah menetapkan anggrek bulan sebagai puspa pesona mendampingi melati (puspa bangsa), dan padma raksasa (puspa langka) berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1993.

Di Indonesia, keberadaan anggrek bulan untuk pertama kalinya di temukan di daerah Maluku. Dimana bunga ini memiliki nama yang berbeda di setiap daerah, misal untuk di Jawa dan Bali dikenal dengan anggrek wulan, di Maluku dikenal dengan anggrek terbang, dan Anggrek menur untuk khusus di Jawa. Pemerintah sendiri telah menetapkan Anggrek Bulan ini sebagai salah satu Bunga Nasional Indonesia bebarengan dengan Bunga Melati, dan Padma Raksasa.

Ciri-ciri dan Karakteristik Anggrek Bulan

Anggrek bukan merupakan tanaman anggrek monopodial dimana ia menyukai sedikit cahaya matahari untuk kelangsungan hidupnya. Daunya berwarna hijau dan bentuknya memanjang. Warna akarnya putih, dan bentuknya bulat memanjang dan terasa berdaging. Bunganya hanya mempunyai sedikit keharuman dan dimana saat mekar diameternya bisa tumbuh hingga 10cm lebih dengan waktu yang relatif lama.

Klasifikasi Ilmiah Anggrek Bulan
Kerajaan Plantae
Order Asparagales
Familia Orchidacea
Sub Spesies Epidendroidea
Genus Phalaenopsis
Spesies Phalaenopsis amabilis

Budidaya Anggrek Bulan

Para pecinta anggrek banyak membudidayakan Anggrek Bulan, selain itu juga banyak yang melakukan persilangan dengan jenis anggrek lainya sehingga menghasilkan varietas-varietas yaitu anggrek bulan hibrida. Akan tetapi kelestarianya di alam bebas semakin terancam dengan hilangnya habitat asli yang disebabkan oleh penebangan hutan secara illegal yang dilakukan oleh pihak tak bertanggung jawab. Dengan budidaya yang dilakukan oleh pecinta anggrek diharapkan kelestarianya bisa terjaga meski habitatnya kini berada di pekarangan rumah atau kebun. Dan dibawah ini adalah Cara Budidaya Anggrek Bulan.

Anda juga bisa download file presentasi Budidaya Anggrek ini dengan klik tombol “Download Sekarang” dibawah ini :)

Download Sekarang!

Incoming search terms:

anggrek bulan,gambar anggrek bulan,gambar bunga anggrek bulan,habitat anggrek bulan,Budidaya anggrek bulan,asal bunga anggrek,ciri-ciri bunga anggrek bulan,angrek bulan,tanaman anggrek bulan,foto anggrek bulan

Related Posts