Mangga Kasturi Identitas Flora Kalimantan Selatan

 Flora
Mangga Kasturi Identitas Flora Kalimantan Selatanby Gita Adi Saputraon.Mangga Kasturi Identitas Flora Kalimantan SelatanManga Kasturi memiliki nama latin Mangifera Casturi dan merupakan salah satu jenis mangga yang habitat aslinya berada di Kalimantan Selatan. Mangga Kasturi merupakan tumbuhan yang bersifat endemik yang sangat khas di Kalimantan Selatan. Kini keberadaanya terancam punah. Dimana jumlah populasinya kian berkurang , baik dari segi jumlah individunya, populasi ataupun keanekaragaman genetisnya. Mangga kasturi sudah […]

9 Flares

9 Flares


×

Manga Kasturi memiliki nama latin Mangifera Casturi dan merupakan salah satu jenis mangga yang habitat aslinya berada di Kalimantan Selatan. Mangga Kasturi merupakan tumbuhan yang bersifat endemik yang sangat khas di Kalimantan Selatan. Kini keberadaanya terancam punah. Dimana jumlah populasinya kian berkurang , baik dari segi jumlah individunya, populasi ataupun keanekaragaman genetisnya. Mangga kasturi sudah di klasifikasikan di dalam IUCN Red List Categories pada tanggal 30 November 199.

Mangga Kasturi Identitas Flora Kalimantan Selatan

Mangga Kasturi Identitas Flora Kalimantan Selatan
Image Credit : Wikipedia.Org

Sedangkan tim penilai yang berasal dari World Conservation Monitoring Center di tahun 1998 sudah memutuskan bahawasanya Mangifera Casturi ini sudah berada di dalam kategori Punah In Situ atau Extinct in the Wild = EW. Mangga ini hanya hidup dan tumbuh dengan cara alami di hutan atau daerah konservasi lainya, akan tetapi keberadaanya sudah tidak lagi ditemukan di habitat aslinya.

Di Kalimantan sendiri terdapat 31 jenis atau anggota dari Mangifera. Dimana 3 diantaranya bersifat endemik. Dan merujuk pada Keputusan Menteri Dalam Negri No.48 yang di keluarkan pada tahun 1989 mengenai Identitas Flora setiap provinsi, maka Mangifera Casturi ini di tetapkan menjadi Identitas Flora dari Provinsi Kalimantan Selatan.

Ciri-ciri dan Karakteristik Mangga Kasturi

Tinggi dari pohon mangga kasturi bisa mencapai 25m dimana diameternnya antara 40 sampai 115cm. Kulit kayunya berwarna putih keabu-abuan hingga coklat terang, kadang-kadang ada retakan atau celah kecil ± 1 cm berbentuk kulit kayu mati serta serupa dengan Mangifera indica. Daun bertangkai, berupa lanset memanjang dengan ujung runcing serta pd ke-2 belah segi tulang daun sedang ada 12 – 25 tulang daun samping. Daun muda menggantung lemas serta berwarna ungu tua.

Bunga majemuk berkelamin ganda dengan wujud bunga rasemos serta seringkali memiliki rambut rapat. Panjang tangkai bunga ± 28 cm dengan anak tangkai amat pendek, yakni 2 – 4 mm. Bentuk daun kelopaknya bulat telur memanjang dengan panjang 2 – 3 mm. Bentuk daun mahkotanya bulat telur memanjang serta bunga berbau harum. Benang sari sama panjangnya dengan mahkota, staminodia amat pendek serta seperti benang sari yang tertancap pd tonjolan basic bunga.

Buah bentuknya bulat hingga ellipsoid dengan berat kurang dari 80 gram, daging buahnya kuning atau oranye serta berserabut. Biji batu dengan dinding yang tidak tipis. Mangga ini berbuah pd awal musim hujan atau pada sekitar bulan januari.

Klasifikasi ilmiah Mangga Kasturi

Kerajaan: Plantae
Filum: Tracheophyta
Kelas: Magnoliopsida
(tidak termasuk) Rosids
Ordo: Sapindales
Famili: Anacardiaceae
Genus: Mangifera
Spesies: M. casturi
Nama binomial
Mangifera casturi
Kosterm.

Persebaran Mangifera Casturi

Lokasi persebaran dari populasi Mangifera casturi ada di Kabupaten Banjar tepatnya di Desa Mataraman Kecamatan Mataraman yang mana berada di kebun campuran. Biasanya kebun campuran ini diisi tanaman padi diselingi pohon kasturi yang umurnya telah kian lebih 50 tahun dan tak sengaja ditanam oleh masyarakat setempat. Kebun ini umumnya ada di pekarangan tempat tinggal dengan pola tanam tak teratur. Walau demikian, data kelimpahan spesies ini tak di ketahui dengan cara pasti.

Kasturi mulai dipanen pd awal musim hujan serta melimpah pd bln. Januari. Disamping itu, tanaman buah lain seperti pisang serta rambutan juga mulai dipanen. Di karenakan usia pohon kasturi banyak yang kian lebih 50 tahun, maka produktivitasnya makin menurun. Oleh karenanya, pd tahun 1980 penduduk Desa Mataraman coba belajar untuk membuat pembibitan buah kasturi

Incoming search terms:

mangga kasturi,buah kasturi,manfaat buah kasturi,pohon kasturi,habitat mangga kasturi,flora khas kalimantan selatan,Makalah kasturi,pengertian kasturi,flora dan fauna di kalimantan selatan,buah mangga kasturi

Related Posts