Ciri-ciri, Jenis dan Manfaat Cengkeh

 Flora
Ciri-ciri, Jenis dan Manfaat Cengkehby Gita Adi Saputraon.Ciri-ciri, Jenis dan Manfaat CengkehCengkeh merupakan salah satu tanaman herba abadi yang berbentuk kecil. Tanaman ini juga merupakan jenis tanaman tahunan, dua tahunan, dan tanaman yang berusia pendek. Ciri-ciri Cengkeh Secara Umum Sebenarnya, cirri-ciri tanaman cengkeh berbeda-beda karena cengkeh merupakan tanaman yang memiliki spesies yang sangat banyak, dan masing-masing spesies cengkeh memiliki cirinya masing-masing. Akan tetapi, secara umum cirri-ciri […]

3 Flares

3 Flares


×

Cengkeh merupakan salah satu tanaman herba abadi yang berbentuk kecil. Tanaman ini juga merupakan jenis tanaman tahunan, dua tahunan, dan tanaman yang berusia pendek.

Ciri-ciri Cengkeh Secara Umum

Sebenarnya, cirri-ciri tanaman cengkeh berbeda-beda karena cengkeh merupakan tanaman yang memiliki spesies yang sangat banyak, dan masing-masing spesies cengkeh memiliki cirinya masing-masing. Akan tetapi, secara umum cirri-ciri cengkeh dapat diketahui, seperti jenis daun trifoliate yang biasanya terdiri dari 5-7 biji daun tertutup, memiliki stipula adnate yang merajut ke tangkai daun, dan memiliki kepala bunga dengan ukuran kecil berwarna merah, ungu, putih, atau kuning.

Ciri-ciri Cengkeh

Ciri-ciri Cengkeh

Cengkeh pertama kali dipopulerkan di Tiongkok. Kemudian tersebar di wilayah Arab dan ketika Portugis datang dan menguasai perdagangan, cengkeh dibawa Portugis ke Spanyol dank e berbagai Negara di Eropa, hingga kemudian sampai lah cengkeh tersebut ke Maluku. Dari situlah kemudian cengkeh menjadi salah satu rempah yang banyak dijumpai di Indonesia hingga saat ini. Tanaman ini hanya bisa tumbuh di tanah yang subur dengan iklim yang sedang, tetapi bisa juga di pegunungan daerah tropis.

Jenis-jenis Cengkeh

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa cengkeh memiliki banyak jenis, tetapi jenis cengkeh yang paling utama hanya ada tiga, yaitu;

  1. Cengkeh putih
    Adalah jenis cengkeh yang memiliki warna daun kekuningan, cabang yang pertama kali muncul biasanya akan cepat mati, tetapi akan muncul cabang yang baru pada ukuran sekitar 1-2 meter. Memiliki bentuk bundar dengan daun dan cabang yang tidak begitu rindang, dan memiliki 16 kuntum bunga.
  2. Cengkeh Katak
    Adalah jenis cengkeh dengan warna daun yang hijau kekuning-kuningan, mengkilap, dan cenderung licin. Memiliki tandan bunga sekitar 20 hingga 50 kuntum. Cengkeh katak merupakan cengkeh yang paling mudah beradaptasi terhadap lingkungan manapun dibandingkan dengan jenis cengkeh lainnya.
  3. Cengkeh Zanzibar
    Adalah jenis cengkeh yang memiliki daun yang sangat rimbun, tingginya sangat rendah hal ini terbukti dari jarak antara cabang pohon dengan tanah terbilang dekat. Daun cengkeh ini biasanya berwarna merah muda ketika masih muda dan akan berubah warna menjadi hijau tua ketika sudah tua. Memiliki tangkai yang panjang dan kuntum pada cabang bunga ketika matang mencapai 50 buah.

Manfaat Cengkeh

Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan

Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan

Manfaat cengkeh pun bermacam-macam. Di antara manfaatnya adalah manfaat untuk kesehatan. Di dunia kesehatan, cengkeh disebut-sebut mampu mengobati berbagai penyakit,,seperti :

  • Sakit gigi
  • Sinusitis
  • Mual
  • Muntah
  • Kembung
  • Masuk angin
  • Sakit kepala,
  • Radang lambung
  • Batuk
  • Terlambat haid
  • Rematik
  • Campak.

Tanaman cengkeh juga ternyata memiliki sifat antiseptic dan analgesik.

Incoming search terms:

cengkeh,kegunaan cengkeh,manfaat cengkeh,jenis cengkeh,ciri ciri cengkeh,tanaman cengkeh,manfaat tanaman cengkeh,jenis jenis cengkeh,ciri-ciri cengkeh,manfaat pohon cengkeh

Related Posts