Mengenal Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

 Pengetahuan Alam

6 Flares

6 Flares


×

flora dan fauna

Indonesia merupakan negara yang kaya akan beragam flora dan fauna. Sayangnya, kondisi flora dan fauna di negara kita saat ini mengalami penurunan yang sangat cepat akibat banyaknya pembukaan hutan untuk dijadikan sebagai lahan bercocok tanam atau kebutuhan lain untuk manusia. Perilaku manusia saat ini sangat merusak populasi flora dan fauna, sehingga beberapa flora dan fauna yang dianggap endemik dan hanya ada di Indonesia kini jumlahnya sangat sedikit. Anda dapat melihat populasi harimau Sumatera yang kini populasinya hanya tinggal 400 ekor dan bahkan 14 ekor diantaranya mati terbunuh setiap bulannya. DapatkanAnda bayangkan bagaimana nasib satwa-satwa lainnya ?

Pembagian flora (tumbuhan) dan fauna (hewan) di Indonesia dibedakan menurut garis yang disebut sebagai garis Wallace dan Weber. Alfred Russel Wallace merupakan seorang ahli Inggris yang pernah mengadakan penelitian tentang keanekaragaman fauna di hutan Amazon serta disusul oleh penelitian fauna di Indonesia pada tahun 1854 hingga 1862. Sedangkan Max William Carl Weber merupakan ilmuwan asal Jerman bidang zoologi (hewan) yang terkenal berkat beberapa jasanya, yaitu pernah memimpin ekspedisi laut Sibolga pada tahun 1899 hingga 1900 dan pernah pula mengadakan penelitian tentnag fauna di daerah Indonesia Timur pada tahun 1888.

Penelitian Wallace dan Weber tersebut kemudian menghasilkan kesimpulan bahwa Indonesia memiliki tiga daerah pembagian flora dan fauna. Tiga daerah tersebut adalah Indonesia Barat, Indonesia Tengah, dan Indonesia Timur. Garis Wallace memisahkan antara flora dan fauna di Indonesia Barat dan Tengah, sedangkan garis Weber memisahkan antara flora dan fauna di Indonesia Tengah dan Timur.

Untuk memahami perbandingan antara ketiga daerah persebaran flora dan fauna di Indonesia tersebut, berikut merupakan peta sekaligus ulasannya.

#1: Indonesia Barat

Tipe flora dan fauna: mirip dengan flora dan fauna khas Asia.

Semakin ke kawasan timur, maka jenisnya semakin langka.

Contoh flora: pohon meranti, kemenyan, karet, kapur barus (kamper), dan lain sebagainya.

Contoh fauna: harimau tutul, gajah, badak, banteng, ular sanca, dan lain sebagainya.

#2: Indonesia Tengah

Tipe flora dan fauna: peralihan antara Indonesia Barat dan Indonesia Timur

Flora dan fauna di Indonesia Tengah umumnya merupakan fauna endemik yang hanya terdapat di Indonesia.

Contoh fauna: kuskus, anoa, babi rusa, kera, dan lain sebagainya

#3: Indonesia Timur

Tipe flora dan fauna: mirip flora dan fauna Australia

Contoh flora: eucalyptus, rasamala

Contoh fauna: burung kasuari, beruang pohon, cendrawasih, kanguru, dan lain sebagainya

Jadi, itulah beragam persebaran flora dan fauna di Indonesia. Anda dapat melihat faktor-faktor apa yang membuatnya berbeda disini.

Incoming search terms:

persebaran flora dan fauna di indonesia,peta persebaran flora dan fauna di indonesia,peta persebaran flora di indonesia,persebaran flora di indonesia,flora fauna,makalah persebaran flora dan fauna di indonesia,tentang flora dan fauna,persebaran flora fauna di indonesia,artikel flora dan fauna,peta persebaran flora dan fauna